PPG FKIP UMM: Optimalisasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Budidaya Ikan Nila Berbasis Digital Marketing

Senin, 13 Mei 2024 00:03 WIB   Program Studi Pendidikan Profesi Guru


Kegiatan Projek Kepemimpinan yang dilakukan mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 merupakan salah satu mata kuliah wajib yang bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa. Hal ini dijelaskan Ketua Projek Kepemimpinan, Sigit Wiyatmiko, kegiatan ini juga sebagai ajang untuk melatih dan mengasah keterampilan serta kemampuan mahasiswa sebagai calon guru yang profesional, tangguh, kreatif, dan inovatif di masa yang akan datang.

“Melalui program  PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Malang  ini mengajarkan kami sebagai calon guru yang memiliki profesional untuk memiliki keterampilan keguruan salah satunya menjadi seorang pemimpin. Melalui program projek kepemimpinan dalam kegiatan pelatihan pengolahan dan pemasaran frozen food dengan sasaran karang taruna Desa Pakisaji, Kabupaten Malang. Kami berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pemuda sekitar agar terampil dalam memanfaatkan potensi sekitar,” ujar Sigit Wiyatmiko.

Menurut Sigit, Proyek kepemimpinan ini dilaksanakan di Desa Pakisaji Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Adapun formasi Tim Projek kepemimpinan ini di bawah pimpinan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr. Beti Istanti Suwandayani, M.Pd, dengan mahasiswa berjumlah 10 orang diantaranya Sigit Wiyatmiko (Ketua Projek Kepemimpinan), Moch. Hermawan Eko Saputra, Dayinta Dhety Parahita, Hilda Nur Fadillah, Ajeng Prameswari, Muh. Avicinda Imawan Azharuddin, Salma Talenta Anggraini, Reszha Rozhiqkha, Ajeng Rohmatun Arfiani, dan Andhika Putri Pertiwi.

Kegiatan proyek kepimpinan ini berkolaborasi dengan Pemerintah Desa dan Pemuda Karang Taruna Sembodo Desa Pakisaji Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Kegiatan ini berawal dengan survei lokasi budidaya ikan nila yang berada di lahan milik Pemerintah Desa Pakisaji.

 Dikatakan Bapak Bilal selaku pengelola ikan nila milik Pemerintah Desa, budidaya ikan nila di Desa Pakisaji sudah berjalan beberapa tahun. Dimulai dari budidaya ikan lele hingga sekarang mulai merambah ke ikan nila. Namun, kurangnya inovasi dan kolaborasi dari warga setempat, mengakibatkan hasil ikan nila tersebut hanya dijual di pasaran dengan hasil penjualan yang stagnan.

Berdasarkan informasi dari Bapak Bilal, tim Tim Projek kepemimpinan hari selanjutnya penyerahan proposal perizinan kepada Pemerintah Desa untuk mengajak dan berkolaborasi dengan Pemerintah Desa dan Karang Taruna untuk mengembangkan hasil budidaya ikan nila menjadi olahan yang digemari generasi saat ini, serta mudah untuk dicari atau dibeli.

Di Era yang serba online atau digital ini, mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 mempunyai inovasi baru terhadap hasil dari budidaya ikan nila yang ada di Desa Pakisaji, agar pengolahan dan pemasarannya dapat meningkat. Salah satunya memberikan edukasi digital marketing dalam pengolahan dan pemasaran hasil budidaya ikan nila atau produk UMKM melalui digital marketing atau biasa dikenal dengan pemasaran secara online.

 Edukasi yang dilakukan melalui pelatihan untuk pengolahan ikan nila menjadi produk frozen food, pelatihan pembuatan akun digital marketing, pembuatan peta lokasi melalui Googlemaps, cara foto atau video produk yang estetik, dan cara membuat packaging produk UMKM dengan desain yang menarik. Kegiatan ini berlangsung dengan sangat baik, pemuda karang taruna juga antusias dalam menyimak edukasi yang dilakukan oleh mahasiswa PPG UMM dan bertukar pengalaman atau pengetahuan terkait pengolahan ikan nila.

“Dengan adanya program tersebut, saya bersama teman – teman merasakan adanya sebuah pengalaman baru yang berupa keterampilan dalam mengolah ikan nila dari hasil budidaya Bumdes menjadi frozen food beserta pemasarannya dalam lapak belanja online,” kata Alvian Wakil Ketua Karang Taruna Sembodo Desa Pakisaji.

Pemasaran melalui online atau digital ini bertujuan supaya produk UMKM dari hasil budidaya ikan nila dapat dikenal oleh semua kalangan, baik di sekitar Malang maupun di luar Malang. Dalam pemasaran melalui online atau digital marketing tentunya dibutuhkan akun marketing dan peta lokasi melalui googlemaps.

 Mahasiswa PPG Prajabatan UMM membagikan cara mudah dan efisien dalam pembuatan akun penjual melalui media sosial tiktok maupun aplikasi olshop, cara membuat foto atau video promosi produk yang menarik dan estetik, dan cara membuat desain logo produk melalui aplikasi canva, serta cara mengemas hasil olahan frozen food yang praktis.

Selanjutnya, mahasiswa PPG Prajabatan UMM memberikan edukasi dan sharing session dengan pemuda karang taruna terkait pengolahan ikan nila menjadi makanan siap saji atau frozen food, seperti nugget dan dimsum ikan nila. Mahasiswa membagikan tips dalam pengolahan yang praktis, irit, mudah, dan tahan lama dengan kualitas makanan yang baik. Hasil olahan tersebut selanjutnya dikemas dengan plastik vacuum supaya makanan dapat tahan lama dan tidak mudah hancur.

Kegiatan ini berlangsung tanpa hambatan atau kendala. Pemuda karang taruna desa Pakisaji juga antusias dan ikut mencoba secara langsung dalam pengolahan ikan nila menjadi olahan Frozen food. Dengan adanya inovasi baru dalam pengolahan dan pemasaran hasil budidaya ikan nila melalui digital marketing diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas dan mutu produk UMKM di desa Pakisaji.

“Saya selalu berpesan kepada semua pemuda desa untuk dapat mengembangkan keterampilannya dalam memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan program pelatihan pengolahan dan pemasaran ikan nila menjadi frozen food. Saya berharap program ini dapat menjadi kegiatan unggul dari karang taruna yang melahirkan sebuah produk baru dan berkualitas dengan berlabelkan karang taruna Desa Pakisaji,” ucap Juari Kepala Desa Pakisaji.

Kegiatan projek kepemimpinan diakhiri dengan tukar pendapat, tanya jawab, dan berbagi pengalaman ataupun pengetahuan antara mahasiswa PPG Prajabatan UMM dengan pemuda karang taruna sembodo Desa Pakisaji. Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua masyarakat desa Pakisaji, membantu meningkatkan keterampilan dan kreatifitas pemuda desa Pakisaji dalam pemanfaatan media sosial, dan memberikan inovasi baru dalam menciptakan produk UMKM yang digemari oleh kalangan masyarakat modern saat ini. (tim ppg prajab fkip umm)

Sumber : Matahati

Shared: