PPG FKIP UMM Ajak Alumni Mendaftar PPG Prajabatan 2023

Jum'at, 16 Juni 2023 18:56 WIB   Program Studi Pendidikan Profesi Guru

Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) adakan Sosialisasi PPG Prajabatan tahun 2023 (16/6). Sosialisasi ini merupakan kegiatan untuk memberi pemahaman kepada calon peserta mengenai ketentuan pendaftaran dan kebutuhan guru di tahun mendatang. Berlangsung secara daring, kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I UMM, Dekan FKIP, Wakil Dekan III FKIP, Kaprodi PPG dan calon pendaftar PPG Prajabatan 2023.

Iin Hindun selaku Kaprodi PPG dalam sambutannya menyampaikan bahwa “program ini merupakan peluang emas untuk mewujudkan cita-cita sebagai pendidik yang profesional”.  Beliau menyampaikan bahwa LPTK UMM bisa menjadi pilihan yang tepat untuk calon mahasiswa PPG Prajabatan 2023, karena PPG FKIP UMM selalu berusaha mengantarkan mahasiswa menjadi calon guru yang professional dengan dibekali ilmu yang mendukung pada penyiapan calon guru.

“Sosialisasi ini bisa jadi bentuk re-skilling atau up-skilling bagi alumni agar apa yang didambakan saat masuk dan menjadi bagian dari FKIP UMM tercapai” ujar Wakil Dekan III Bayu Hendro Wicaksono dalam sambutannya. Menurutnya penting bagi FKIP memberikan ruang agar alumni bisa menapaki slogan UMM PASTI salah satunya pasti bekerja. Beliau berharap kegiatan ini diharapkan bisa memberikan ilmu dan bekal bagi calon peserta PPG Prajabatan.

Dihadiri oleh Wakil Rektor I Syamsul Arifin menyampaikan bahwa “program ini diharapkan mampu mendorong keberadaan guru secara kualitas maupun kuantitas”. Menjadi guru tidak secara tiba-tiba namun ada panggilan bagi yang berdedikasi dalam dunia Pendidikan.

Trisakti Handayani selaku Dekan FKIP sekaligus Koordinator PPG UMM menyampaikan bahwa mahasiswa PPG Prajabatan tahun ini akan memperoleh Beasiswa dalam bentuk Biaya Pendidikan selama 2 semester. Beliau menjelaskan bahwa PPG Prajabatan dilaksanakan untuk menghadirkan guru bersertifikat dan profesional, yang dapat mewujudkan Merdeka Belajar. Pendaftaran calon mahasiswa PPG Prajabatan dibuka mulai tanggal 31 Mei – 25 Juni 2023 melalui SIMPKB pada laman https://ppg.kemdikbud.go.id, dengan tautan pendaftaran https://ppg-prajab.simpkb.id/pendaftaran. Kuota pendaftaran PPG Prajabatan Nasional berjumlah 59.019 formasi dengan pilihan 30 bidang studi. Awal kuliah PPG Prajabatan dimulai pada tanggal 18 September 2023 dengan mata kuliah inti sebanyak 32 SKS dan mata kuliah selektif sebanyak 30 SKS.

Shared: