Mahasiswa PPG Prajabatan FKIP UMM siap Menyongsong Indonesia Emas 2045

Senin, 11 September 2023 00:20 WIB   Program Studi Pendidikan Profesi Guru

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menyiapkan calon guru terbaik. Ratusan mahasiswa mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 Kemendikbudristek tahun ini. Selama dua semester, mereka akan mengabdi untuk memberikan sejumlah inovasi pembelajaran.

Sebanyak 310 mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Gelombang 1 Kemendikbudristek menjalani masa orientasi akademik. Kemarin, mereka dikumpulkan di Hotel Grand Mercure Malang Mirama untuk mendapat arahan. Arahan disampaikan langsung Rektor UMM Prof Dr Fauzan MPd. Dia berharap kepada 310 mahasiswa PPG prajabatan bisa mempunyai semangat mengajar. ”Investasi yang paling berharga adalah memberikan kontribusi untuk mencerdaskan anak bangsa,” tuturnya.  Profesi guru menurutnya bagian strategis dan vital dari proses pendidikan di sekolah. Karena mereka berhadapan langsung dengan calon pemimpin bangsa. Fauzan berpesan sebagai seorang guru tidak hanya pintar, tapi harus mampu perubahan secara signifikan ke murid.

PPG prajabatan menjadi salah satu upaya uji kelayakan sebelum menjadi guru. Karena pada hakikatnya, guru juga sebagai penerang yang mengarahkan siswa dari tidak tahu menjadi tahu. Terlebih pada era teknologi saat ini. ”Jangan sampai guru pada era ini gagap teknologi,” lanjutnya. Ia menyebutkan peran guru juga sangat penting untuk menyongsong Indonesia Emas pada 2045 mendatang. Karena itu, semua akan bergantung pada kualitas SDM yang dibentuk sejak dini.

Dekan Fakultas Keguruan  dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMM Dr Trisakti Handayani MM yang ikut membuka orientasi akademik menyampaikan ratusan PPG prajabatan selama dua semester ke depan bakal dinilai. Para PPG prajabatan akan dibentuk menjadi tenaga pendidik profesional. ”Dari 38 SKS, 14 SKS di antaranya merupakan praktik pengalaman lapangan (PPL) sehingga mereka akan memperoleh pengalaman yang benarbenar nyata,” terangnya. 

Dalam perubahan visi PPG prajabatan model baru, Trisakti berharap mereka mampu memenuhi kebutuhan guru. Selain itu, lulusan PPG prajabatan memiliki kepastian untuk direkrut sebagai guru. Namun hal tersebut tidak dapat terwujud tanpa sinergi yang baik antara dosen, guru pamong, admin TIK, maupun mahasiswa. Maka PPG prajabatan harus berkomitmen sejak awal mengikuti pembelajaran hingga satu tahun ke depan. 

Sementara itu, Koordinator Pokja PPG Prajabatan Direktorat PPG, Direktorat Jenderal Guru, dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Ferry Maulana Putra SPd MPd berpesan bahwa profesi guru masih dibutuhkan cukup banyak. Jumlah guru yang pensiun pada 2024 sebanyak 69 ribu orang. ”Kekurangan guru itu tentu harus segera diisi, sehingga PPG prajabatan jadi harapan,” jelas dia.

Shared: