Mahasiswa PPG Prajabatan FKIP UMM Gelar Karya Produk-Produk pembelajaran Inovatif

Sabtu, 27 Mei 2023 14:00 WIB   Program Studi Pendidikan Profesi Guru

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang melakukan gelar karya produk-produk pembelajaran inovatif karya mahasiswa prajabatan. Gelaran yang dilakukan pada tanggal 27 mei 2023 ini dihadiri oleh mahasiswa S1 UMM dan masyarakat umum. Dalam Gelar karya ini ada 25 stand pameran produk-produk pembelajaran inovatif mahasiswa mulai dari materi Sekolah Dasar, Biologi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PPKN, hingga Matematika.

Beberapa karya yang menarik diantaranya Miniatur IPAL KOMUNAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), Panorama Indah Permai (Papan Norma, Adat Istiadat dan Peraturan Masyarakat Indonesia), Snack and Stairs, Modul Ajar, dst. Karya karya yang digelarkan kali ini mendapatkan nilai dari beberapa dosen yang ahli dibidangnya untuk merebutkan Juara 1, Juara2, Juara 3. Selain merebutkan Juara 1,2,3 dalam gelar karya ini juga ada beberapa kategori untuk stand-stand terbaik diantaranya: kategori stand ter- the best, stand ter- hits, stand ter- unik, stand ter-inovatif serta stand ter- kreatif.

Salah satu peserta gelar karya Eci Sugiati menjelaskan bahwa karya-karya yang dipamerkan ini bertujuan untuk menarik minat dan semangat peserta didik dalam belajar. “Media yang dibuat ada yang menggunakan bahan daur ulang seperti koran bekas, kardus, botol minum dan juga sterofom. Dalam hal ini kelas kami membuat media pembelajaran kelas 7 mata pelajaran IPA materi gunung berapi”.

Mahsiswa Prajabatan Kelas PGSD 5 juga menciptakan beberapa media pembelajran di antaranya, MERATAS (Mengetahui Rambu-Rambu Lalu Lintas) dengan media ini diharapkan peserta didik dapat mengetahui makna warna dari lampu lalu lintas. Selain itu PGSD 5 juga menciptakan media pembelajaran matematika berupa BALITUNG (Laba-Laba Berhitung) media ini diharapkan dapat mempermudah peserta didik untuk mengenal operasi hitung seperti penjumlahan dan pengurangan.

Dr. Hari Sunaryo, M.si selaku salah satu juri dalam gelar karya produk-produk pembelajaran inovatif karya mahasiswa prajabatan mengatakan bahwa “Mahasiswa PPG Prajabatan memiliki inovasi dan kreatifitas yang tinggi dalam mengembangkan media pembelajaran, LKPD, modul ajar, kliping, asesmen pembelajaran. Saya berharap ke kreatifan mahasiswa ini akan terus berlanjut sampai mahasiswa menjadi guru yang professional karena dengan adanya guru yang kreatif maka pembelajaran bisa menyenangkan dan peserta didik menjadi semangat untuk belajar”.

Shared: