515 Mahasiswa PPG FKIP UMM Ikuti Diklat Bela Negara

Kamis, 06 Juni 2024 04:11 WIB   Program Studi Pendidikan Profesi Guru

MALANG KOTA - Sebanyak 515 mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengikuti pendidikan dan latihan bela negara di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Malang. Mereka mengikuti kegiatan tersebut mulai Rabu (5/5) hingga Kamis (6/5). Di sana, ratusan maha­siswa PPG mendapatkan sejumlah materi penguatan bela negara.  Dekan FKIP UMM Prof Dr Trisakti Handayani MM mengatakan, bela negara menjadi pilar utama dalam pembangunan sebuah bangsa. Maka seorang guru sebagai salah satu aspek yang penting dalam pembangunan bang­sa perlu memiliki bekal yang kuat.  Khususnya terkait bela negara. ”Mahasiswa PPG UMM merupakan calon-calon guru profesional yang akan melanjutkan estafet pembangunan bangsa di masa depan,” tuturnya. 

 

Tanggung jawab seorang guru cukup berat di masa depan. Terutama, kata Trisakti, saat ini tantangan yang dihadapi generasi muda sangatlah kompleks. Sehingga bela negara menjadi pilar utama untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi tidak menentu. ”Tidak hanya terkait aspek militer, tapi bela negara juga harus menjangkau lebih luas lapisan masyarakat, termasuk mahasiswa,” terangnya. Sehingga melalui diklat bela negara itu diharapkan dapat membentuk karakter para calon guru. 

 

Tujuan jangka panjangnya yakni dapat mewujudkan generasi emas bangsa melalui pendidikan. Selama dua hari, para calon guru tersebut tinggal di Lanal. Mereka wajib mengikuti peraturan-peraturan dan kebiasaan yang ada di sana. Dari kegiatan tersebut diharapkan para mahasiswa PPG untuk dapat semakin sadar akan kecintaan dan kebanggan kepada bangsa. Sementara itu. Danlanal Malang Kolonel Laut (KH/W) Rinanda Sintasari SSos MTr Ap mengapresiasi para mahasiswa PPG UMM.  Mereka sudah menunjukkan kesungguhan selama kegiatan tersebut berlangsung. ”Pengalaman ini hendaknya dapat dijadikan sebagai pelengkap dan modal untuk mendidik generasi bangsa,” tuturnya. Ia menyebut selama 2 hari para peserta diklat bela negara mampu mengikuti materi yang diberikan.

 

Keterampilan bela negara para mahasiswa PPG sudah tak diragukan lagi. ”Terima kasih kepada PPG UMM atas keperca­yaannya kepada Lanal Malang untuk menyelenggarakan kegiatan bela negara ini,” terangnya. Salah satu peserta diklat bela negara Alan berterima kasih karena mendapat kesempatan untuk belajar memiliki jiwa kepemimpinan.  ”Karena di sini kami banyak belajar disiplin, menghargai antarteman. Yang sebelumnya tidak kenal menjalin kerja sama tim yang bagus,” kata dia. Ia bertekad setelah ini akan menjadi guru profesional dan terus menanamkan jiwa bela negara untuk kemudian dapat mencetak generasi emas bangsa. ”Agar dari sana muncul pemimimpin yang bagus (untuk generasi penerus),” tutupnya. (dur/adn)

Sumber : Radar Malang

Shared: